Minuman khas medan sumatra utara yang membahana


Minuman khas Medan

1.Sirup Markisa
Jika Anda berkunjung ke kota Medan buah markisa tentu tak sulit untuk dicari, sebab banyak sekali yang membudidayakannya di dataran tinggi Karo dan Brastagi yang beriklim sejuk. Ada yang masih berbentuk buah segar ada pula yang sudah diolah menjadi sirup yang dikemas dalam botol-botol.




2.Tuak
Tuak merupakan sadapan yang diambil dari mayang enau atau aren ( Arenga pinnata). Kalau dalam bahasa Indonesia, sadapan dari enau atau aren disebut nira. Nira tersebut manis rasanya, sedangkan ada dua jenis tuak sesuai dengan resepnya, yaitu yang manis dan yang pahit (mengandung alkohol).



3.TST (Teh Susu Telur)
TST adalah jenis minuman yang sangat familiar di kota Medan bahkan sangat mudah ditemukan karena di setiap sudut kota ini banyak menyediakan nya, ada istilah “blom ke medan kalau blom nyobain TST”. TST itu bukan panjangan dari Tau Sama Tau loh, melainkan panjangan dari Teh Susu Telur dan ketiga inilah yang diracik hingga kemudian menjadi segelas minuman nikmat dan konon katanya mampu menambah tenaga atau membantu memulihkan tenaga yang drop karena aktifitas. Jenis telur yang dipakai dalam pembuatan TST adalah telur bebek tapi ada juga yang memakai telur ayam kampung. Mungkin karena telur inilah TST diyakini mampu menambah tenaga.




4.Soda Cap Badak
Soda Cap Badak Minuman Khas Siantar yang Melegenda


Bagi Anda yang pernah menginjakkan kaki di Kota Pematang Siantar, mungkin Anda sudah merasakan kesegaran minuman cap Badak.

Minuman cap Badak sudah melegenda, karena eksistensinya di Kota Pematang Siantar sudah hampir seabad lamanya. Bagi warga Pematang Siantar, Susu Badak (susu kental yang dicampur dengan soda cap Badak) sudah tak asing lagi. Sebelum diminum, susu kental dalam gelas dicampur dengan soda, lalu diaduk hingga susu dan soda menyatu. Kalau mau diminum dalam keadaan dingin tinggal tambah es batu. Rasanya sangat segar dan nikmat! Susu Badak termasuk salah satu minuman paling disukai di Kota Pematang Siantar. Hampir tiap warung menyediakan Susu Badak. Konon, minuman ini bisa mengembalikan stamina dan dapat mengusir angin yang bersarang dalam tubuh. Ketika Anda meminumnya, akan ada suara sendawa yang mengeluarkan angin lewat mulut.




sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar